What?

Selasa, 10 November 2009

Bakteri




Organisme prokariotik merupakan organisme yang belum memiliki membran inti sel sehingga bahan inti(asam nukleat)nya tersebar di dalam sitoplasma. Umumnya prokariota merupakan organisme bersel tunggal, tetapi ada yang membentuk rantai, filamen, atau koloni. Berdasarkan struktur ribosomnya, prokariota dibagi menjadi dua kingdom, yaitu Eubacteria dan Archaebacteria.

Eubacteria merupakan bakteri yang kita kenal pada umumnya. Sebagian besar merupakan organisme heterotrof, meskipun ada juga yang merupakan organisme fotosintetik dan kemosintetik. Eubacteria hidup secara aerob dan anaerob. Anggota kingdom ini adayang hidup bebas, bersimbiosis atau sebagai parasit pada hewan, tumbuhan dan manusia. Anggota eubacteria lebih banyak dan lebih dikenal dibandingkan archaebacteria. Bakteri dapat diklasifikasikan berdasarkan struktur, fisiologi, komposisi molekuler dan reaksinya terhadap pewarnaan gram. Namun, berdasarkan hubungannya secara evolusi, bakteri dibagi menjadi 12 filum diantaranya adalah Cyanobacteria, Spirochaeta, bakteri gram positif dan Proteobacteria.
Archaebacteria meliputi organisme prokariotik aerob dan anaerob yang beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang ekstrem. Archaebacteria berbeda dengan eubacteria dalam hal struktur dinding sel dan membran sel. Kingdom ini lebih mirip dengan eukariota dibandingkan dengan eubacteria. Reproduksinya dilakukan secara asexual. Berdasarkan tempat hidupnya, archaebacteria dibagi menjadi tiga kelompok yaitu metanogen, termoasidofil dan ekstrem halofil. Semua archaebacteria bukan merupakan organisme patogen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar