What?

Senin, 09 November 2009

Hakekat Biologi sebagai ilmu pengetahuan




Biologi merupakan ilmu murni yang mempelajari segala sesuatu yang hidup. Biologi dibagi menjadi berbagai cabang ilmu misalnya morfologi, zoologi, botani, histologi dan paleontologi.

Untuk lebih paham silahkan down load latihan
Latihan soal Hakekat Biologi


Pelaksanaan suatu penelitian tidak bisa lepas dari langkah-langkah yang menunjang hasil penelitian tersebut. Langkah-langkah penelitian itu disebut metode ilmiah. Metode ilmiah meliputi perumusan masalah, observasi (pengumpulan data informasi, menyusun hipotesis(dugaan sementara), perencanaan berdasarkan hasil observasi, pengumpulan data dan analisis. selanjutnya tahap akhir berupa kesimpulan.

Sikap ilmiah dalam kerja ilmiah bermanfaat untuk menemukan konsep=konsep biologi. Sikap ilmiah yang harus dimiliki oleh seorang biologiwan antara lain jujur, memiliki rasa ingin tahu, sesuai dengan fakta,berani dan santun dalam melakukan penelitian harus tekun agar hasil yang diperoleh maksimal.

Obyek tingkat organisasi dan persoalan/tema yang dipelajari dalam biologi dari tingkat terkecil berupa molekul dan sel sampai tingkat tertinggi yaitu bioma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar